Rabu

Makam Wali Allah Pangeran Sake, Citeureup

 
Sebagian besar Masyarakat di Citeureup mencintai serta memuliakan Pangeran Sake, mungkin dikarenakan jasa-jasa beliau didalam membuka wilayah Citeureup, ini bisa dilihat dari Makamnya yang selalu ramai diziarahi, terutama pada malam Selasa dan malam Jum’at. Bahkan bukan hanya warga Citeureup saja yang datang berziarah, dari kota-kota lainpun banyak yang datang, seperti Jabotabek, Bandung, Tasikmalaya, Madura, Karawang hingga Kalimantan.


Setiap malam Selasa dan malam Jum’at para penziarah semenjak sore hari sudah mulai berdatangan. Mereka ada yang datang berjalan kaki hingga berkendaraan, biasanya berkelompok. Tak ada yang mengatur, tetapi para penziarah terlihat tertib memasuki lahan pemakaman. Mereka bergantian masuk, sebagian lainnya bergerombol di luar area makam atau menunggu di majlis yang berada tak jauh dari area pemakaman.
Lokasinya yang terletak di Gang Nangka Karang Asem Timur, itu mudah untuk dikunjungi. Bagi para penziarah yang datang dari luar kota melalui tol Jagorawi masuk menuju arah prapatan Citeureup, kemudian kearah selatan melewati BTN Griya Persada kemudian memutar balik kearah Citeureup.


Mbah Sake, begitu masyarakat Citeureup menyebutnya banyak berjasa dalam penyebaran agama Islam di daerah Citeureup dan sekitarnya, beliau semasa hidupnya lebih memilih jalan kesufian dibanding menjadi pamong di istana banten.Masjid Ash-Shoheh diyakini sebagian sesepuh Citeureup sebagai tempat Eyang Sake menghabiskan waktunya dalam beribadah.setiapShubuh kerapkali beliau bersama jamaah lainnya berdzikir hingga waktu Isyraq (terbit fajar). Ada yang menyebut beliau penganut Thariqat Naqsabandiyah.

Banyak cerita / mitos yang dikaitkan dengan Pangeran Sake, baik cerita tentang kehidupannya maupun tentang peninggalannya, cerita-cerita mengalir begitu saja tanpa ada yang tahu darimana sumbernya. Meski demikian nampaknya tak ada yang mempertentangkannya. Cerita-cerita tersebut sudah mengalun sejak lama,dari mulut ke mulut dan sebagian malah tidak memperdulikan kebenarannya. Diantara cerita-cerita tersebut ada yang sebagian saya paparkan disini, sebagian lagi tidak, karena dianggap mustahil dan dikhawatirkan menimbulkan fitnah. Diantara cerita tersebut adalah :

1. Pangeran Sake memiliki beberapa makam, diantaranya ada di Bogor, Cibinong, Cileungsi,Citeureup dan mungkin di daerah lainnya.Terdengar agak aneh memang, seseorang bisa wafat berkali-kali. Namun ada salah satu sumber yang sangat masuk akal, yakni dari salah seorang sesepuh citeureup yang berasal dari leuwiliang, beliau mengatakan bahwa pada zaman dulu, sebagai penyebar agama, Pangeran Sake seringkali menjadi incaran Belanda, gerak-geriknya seringkali dimata-matai, sehingga ketika beliau tinggal disatu tempat, belanda pun dapat mengendusnya, maka demi menghilangkan jejak dibuatlah gundukan tanah yang diklaim sebagai makamnya, sehingga Belanda pun menghentikan pengejarannya, begitu seterusnya, pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. masuk akal kan...?


2. Mbah Sake ada dimakamnya pada malam-malam tertentu saja seperti misalnya para penziarah yang datang biasanya ramai pada malam selasa dan malam jum’at. Sebagian meyakini bahwa beliau ada di makam pada malam selasa, dan sebaliknya sebagian mengatakan bahwa mbah sake ada pada malam Jum’at.


3. Ada yang mengaku memiliki Photo / lukisan Pangeran Sake, uniknya yang dapat melihat dengan jelas hanyalah keturunannya saja, selain daripada keturunannya tidak dapat melihat wajahnya dengan jelas, bahkan yang terlihat hanyalah benda-benda biasa seperti batu,kayu,bahkan harimau.


4. Seseorang mengaku memiliki Jubah peninggalan Pangeran Sake semasa beliau hidup, mirip seperti cerita diatas, yang dapat memakai pakaian tersebut dalam artian pakaian tersebut akan cukup dikenakan apabila yang bersangkutan masih keturunannya.

Masih banyak mitos-mitos lainnya, wallahu a’lam mengenai kebenaran cerita – cerita tersebut, mitos-mitos ini mengalir begitu saja tanpa tahu dari mana sumbernya, yang jelas kita berkhusnudzon saja kepada Pangeran Sake yang sudah berjasa membuka hutan rimba bernama Citeureup hingga para anak cucunya dapat menikmatinya sekarang.

Berbicara Pangeran Sake, tidak dapat dilepaskan asal muasal dari Pangeran Sake yakni daerah Banten, kemudian berbicara Banten tentu tak mudah juga dilupakan Pembuka wilayah banten yang tak lain adalah Karuhun (Nenek Moyang) dari Pangeran Sake Yaitu Maulana Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati, seorang Hamba Allah yang berjasa besar dalam rangka tersebarnya agama Islam di Indonesia umumnya serta di Jawa barat khususnya. Beliau juga merupakan bagian dari Wali Songo. Karena jasa-jasanya Rakyat Jawa Barat memberinya gelar Syekh Maulana Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati Rahimahullah.

Sunan Gunung Jati bernama Syarif Hidayatullah, lahir sekitar tahun 1450. Ayah beliau adalah Syarif Abdullah bin Nur Alam bin Jamaluddin Akbar, seorang Mubaligh dan Musafir besar dari Gujarat, India yang sangat dikenal sebagai Syekh Maulana Akbar bagi kaum Sufi di tanah air. Syekh Maulana Akbar adalah putra Ahmad Jalal Syah putra Abdullah Khan putra Abdul Malik putra Alwi putra Syekh Muhammad Shahib Mirbath, ulama besar di Hadramaut, Yaman yang silsilahnya sampai kepada Rasulullah SAW melalui cucu beliau Imam Husain.


Bunda Sunan Gunung Jati adalah Nyai Rara Santang (Syarifah Muda’im) yaitu putri dari Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi dan Nyai Subang Larang, dan merupakan adik dari Kian Santang atau Pangeran Walangsungsang yang bergelar Cakrabuwana / Cakrabumi atau Mbah Kuwu Cirebon Girang yang berguru kepada Syekh Datuk Kahfi, seorang Muballigh asal Baghdad bernama asli Idhafi Mahdi bin Ahmad.Makam Nyai Rara Santang bisa kita temui di dalam komplek KLENTENG di Pasar Bogor, di sebelah Kebun Raya Bogor.


Bagi para sejarawan beliau adalah peletak konsep Negara Islam modern ketika itu dengan bukti berkembangnya Kesultanan Banten sebagi negara maju dan makmur mencapai puncaknya 1650 hingga 1680


Beliau menikahi adik dari Bupati Banten ketika itu bernama Nyai Kawunganten. Dari pernikahan ini beliau mendapatkan seorang putri yaitu Ratu Wulung Ayu dan Pangeran Sebakingking atau Maulana Hasanuddin yang kelak menjadi Sultan Banten yang selanjutnya nanti akan sampai kepada lahirnya pangeran Sake.


Dalam menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa, Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati tidak bekerja sendirian, beliau sering ikut bermusyawarah dengan anggota wali lainnya di Masjid Demak. Bahkan disebutkan beliau juga membantu berdirinya Masjid Demak. Dari pergaulannya dengan Sultan Demak dan para Wali lainnya ini akhirnya Syarif Hidayatullah mendirikan Kesultanan Pakungwati dan ia memproklamirkan diri sebagai Raja yang pertama dengan gelar Sultan.


Pada usia 89 tahun, Sunan Gunung Jati mundur dari jabatannya untuk hanya menekuni dakwah. Kekuasaan itu diserahkannya kepada Pangeran Pasarean. Pada tahun 1568 M, Sunan Gunung Jati wafat dalam usia 120 tahun, di Cirebon (dulu Carbon). Ia dimakamkan di daerah Gunung Sembung, Gunung Jati, sekitar 15 kilometer sebelum kota Cirebon dari arah barat.

Pangeran Sake yang banyak dikenal di daerah citeureup karena perjuangan beliau di daerah ini berasal dari Banten. Beliau adalah Putra dari Sultan Ageng Tirtayasa.tentu tidak ada salahnya apabila kita paparkan sedikit riwayat dari ayahanda Pangeran Sake tersebut.


Sultan Ageng Tirtayasa (Banten, 1631 – 1683) adalah putra Sultan Abdul Ma’ali Ahmad dan Ratu Martakusuma yang menjadi Sultan Banten periode 1640-1650. Ketika kecil, ia bergelar Pangeran Surya. Ketika ayahnya wafat, ia diangkat menjadi Sultan Muda yang bergelar Pangeran Ratu atau Pangeran Dipati. Setelah kakeknya meninggal dunia, ia diangkat sebagai sultan dengan gelar Sultan Abdul Fathi Abdul Fattah.Nama Sultan Ageng Tirtayasa berasal ketika ia mendirikan keraton baru di dusun Tirtayasa (terletak di Kabupaten Serang).


Sultan Ageng Tirtayasa mempunyai beberapa istri diantaranya Ratu Adi Kasum sebagai permaisuri yang melahirkan Abdul Kahar (Sultan Abdul Nasr Abdul Kahar), dari Ratu Ayu Gede, Sultan Ageng dikaruniai 3 orang anak, yaitu Pangeran Arya Abdul Alim, Pangeran Ingayujapura (Ingayudipura) dan Pangeran Arya Purbaya. Sedangkan dari istri-istri lainnya mempunyai beberapa anak yaitu Pangeran. Sugiri, Pangeran Sake, TB. Raja Suta, TB. Husen, TB. Kulon, dan lain-lain. Diantara anak-anaknya hanya dua saja yang menjadi penguasa yakni Sultan haji dan Pangeran Purbaya, selebihnya memilih meninggalkan banten diantaranya Pangeran Sogiri dan Pangeran Sake yang memilih wilayah timur yang terbentang antara Citeureup, Cibinong sampai ke Cibarusah.

Adapun Silsilah dari Pangeran Sake adalah sebagai berikut :
1. Syeh Syarif Hidayatullah Gunung Jati (1450-1569) Berputra :
2. Sultan Maulana Hasanudin / Panembahan Surosowan (1552-1570), Berputra :
3. Sultan Maulana Yusuf (1570-1580), Berputra :
4. Sultan Maulana Muhamad (1580-1596), Berputra :
5. Sultan Abdul Mafahir Mahmud Abdul Kadir Kenari (1596-1651), Berputra :
6. Sultan Abul Maali Ahmad, Berputra :
7. Sultan Abdul Fathi Abdul Fatta / Sultan Ageng Tirtayasa (1631-1683), Berputra :
8. Syeh Syarifudin Shoheh / Pangeran Sake (1682-1740).


Adapun Putra dari Pangeran Sake :
1.   Pangeran Suryadinata
2.   Pangeran Kertayudha
3.   Pangeran Wiranata
4.   Raden Suryapringga
5.   Raden Komarudin
6.   Raden Syarifudin
7.   Raden Sahabudin
8.   Raden Muhidin
9.   Ratu Jiddah
10. Tubagus Badrudin
11. Tubagus Kamil
12. Ratu Mantria

Mbah Dalem Machsan adalah Menantu dari Pangeran Sake, Makamnya terletak tidak jauh dari Makam Pangeran Sake.
Pangeran Sake Wafat Pada Malam Jum’at Tanggal 10 Muharram.

115 komentar:

  1. makasi ya om jadi lebih jelas sekarang.

    BalasHapus
    Balasan

    1. cari di daerah keranggan .bekasi tidak jauh dari pasar keranggan dia punya potonya

      Hapus

    2. cari di daerah keranggan .bekasi tidak jauh dari pasar keranggan dia punya potonya

      Hapus
    3. Masalah ekonomi spt apa pa...saya ada masalah hutang banyak gmn ya

      Hapus
    4. Saya keturunan ming rd fatimah pangulah cikampek binti tb badruddin/biddin bin p.sake/shoheh.ming rd fatimah ber suamikan rd fathurrahman/mbah aman bin mbah kiayi rd jambiya.rd fathurrahman mempunyai saudara,yaitu mbah beuli dan mbah baisah.makam mbah kiayi rd jambiya katanya di cibarusah dan ada yg nyebut juga di cariu,gk tau mana yg bener dan siapa binnya trus nyambungnya kesiapa?.bagi yg tau tolong impor masinya

      Hapus
    5. Silsilah Mbah Jambia ada diloji karawang

      Hapus
    6. D lojinya d siapa? Saya kenal semua orang Loji.

      Hapus
  2. assalamu'alaikum wr.wb
    ya akhi ... apakah anda tahu siapa pemegang jubah serta foto dari pangeran shoheh ilyas/sake.
    Sudi kiranya akhi memberikan alamat si pemegang jubah serta foto pangeran sake bin sulthan agung fatah banten ... terimakasih.

    BalasHapus
  3. Terima kasih artikelnya sangat membantu saya yang memang sedang mencari siapa leluhur saya,saya cucu dari Raden Muhammad Nur Gandasaputra bin Raden Sahabudin bin Pangeran Sake, tadinya saya mengira kakek buyut saya anak dari Pangeran Sageri tapi ternyata putra dari Pangeran Sake, saya jadi ingin berziarah ke makam Beliau dalam waktu dekat ini..terima kasih sekali lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya keturunan dari Sahabuddin.. chat saya ya sambung silaturahim 089636225804

      Hapus
  4. Anak cucu keturunan dari pngran sake tersebar di kp.bojong desa bojong cikembar sukabumi.tepatnya depan lapang bojong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. keluarga siapa ya yang dimaksud?

      Hapus
    2. Engga harus di sukabumi kang abdi ti bogor asli bila ada memang salam dari keluarga di bogor cipambuan sentul

      Hapus
    3. Boleh minta info yg dicikembar apakah nama e subianata dan suryanata

      Hapus
  5. Saya asli orang Citeureup.. keturunan langsung pangeran Sake.. Dari kecil sering ziarah ke makam beliau di malam hari.. tanya aja tentang kakek saya, Raden Hasan Panji bin H. RADEN SYARIEF.. Kluarga kakek saya ke atas memang berumur seratus tahun ke atas.. Rata2 pemuka agama.. Sya sering bertanya ke kakek saya yg ga pernah lepas hsolat tahajjud..
    " Apa, (panggilan kakek) ari Raden teh naon..??"
    Kakek sya jawab :"Raden teh kudu rajin IBADAH".
    Sya tnya lgi:"Ari apa geuning tara sieun hudang peuting".
    Beliau jawab:"Jadikeun peuting teh kos beurang, ngan beda na poek.. Ulah sieun teuing, ulah wani teuing".
    I love my grandfather. Allah yarhamuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang punteun msh sadulur atuh abdimah cicit ngan ti ratu jedah

      Hapus
    2. Punten kang gaduh nomer WA teu?

      Hapus
    3. Masih keluarga abdi cicit na R.H Muhammad uwes dan sil silah nya lengkap selembaran nya ada di saya dari sebelum pangeran sake sampai hari ini

      Hapus
    4. Punten Upami Mbah Masha saha na Eyang Sake. Hatur nuhun

      Hapus
    5. Assallamuallaikum saya mau tanya adakah yg tau, siapa nama ibunda dari pangeran sake??

      Hapus
  6. Dari mana anda dapat info sejarah kerurunan (anak) mbah sake ? Jgn sembarangan info kalo tdk pasti...sy R.Edi GinanjarSE.Mpd...silahkan hubugi 08129680474.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ieu no abdi 085718170649... urang papendak sareng abdi mangga

      Hapus
  7. Darimana anda dpt info kerutunan(anak) mbah sake ?.. Jgn sembarangan info jk tdk pasti. Sy R.Edi Ginanjat,SE.Mpd...silahkan hubungi 08129680474

    BalasHapus
  8. Siapapun yg mengupload anak keturunan dari mbah sake harus hati2.. Hrs dgn bukti otentik..jgn sembarangan..hubungi sy R.Edi Ginanjar..08129680474

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampurasun punten akang,Saya punya bukti punya selembaran keturunan dari semua sebelum pangeran sake sampai sekarang yang masih hidup hapunten

      Hapus
    2. Assalamualaikum, punteng kang, Alm kakek saya bilang bahwa saya keturunan pangeran sake.. Jika akang punya lembar keturunan pangeran sake sampai sekarang, punten kang. boleh saya minta? hub. nomor WA saya ya kang 081388765620

      Hapus
  9. hayu urang silaturahmi,, padulur sadayana.. abdi ti pasir tanjung ieu no abdi 085718170649

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr.wb.... anda menyataka Pangeran Sake Wafat Pada Malam Jum’at Tanggal 10 Muharram...apakah ini bisa dipertangung jawabkan ? karena bisa sebagai acuan Haul Beliau...tp jk tdk sama dengan menyesatkan sejarah bagi generasi berikutnya...untuk itu jgn gegabah memberikan info tanpa jelas jujutannya (bukti otentik dan sumber yang bs dipertangung jawabkan)...

      Hapus
    2. Assalamualaikum wr.wb.... anda menyataka Pangeran Sake Wafat Pada Malam Jum’at Tanggal 10 Muharram...apakah ini bisa dipertangung jawabkan ? karena bisa sebagai acuan Haul Beliau...tp jk tdk sama dengan menyesatkan sejarah bagi generasi berikutnya...untuk itu jgn gegabah memberikan info tanpa jelas jujutannya (bukti otentik dan sumber yang bs dipertangung jawabkan)...

      Hapus
    3. Assalamualaikum wr.wb.... anda menyataka Pangeran Sake Wafat Pada Malam Jum’at Tanggal 10 Muharram...apakah ini bisa dipertangung jawabkan ? karena bisa sebagai acuan Haul Beliau...tp jk tdk sama dengan menyesatkan sejarah bagi generasi berikutnya...untuk itu jgn gegabah memberikan info tanpa jelas jujutannya (bukti otentik dan sumber yang bs dipertangung jawabkan)...

      Hapus
    4. Saya juga masih bingung bener tidak saya itu keturunan dari mbah sake,tapi waktu nyoba bajunya bisa masuk dan pas. Soalnya kalau bukan keturunannya tidak bisa pas.

      Hapus
    5. Emang baju nya ada dmn kang

      Hapus
    6. Hermawan Abdul Aziz minta WA nya bang?

      Hapus
  10. Assalamualaikum wr.wb......anda memberikan info Pangeran Sake Wafat Pada Malam Jum’at Tanggal 10 Muharram.
    setahu sy tidak ada yg mengetahui pastinya kpn beliau wafat, jk anda berani mencantum tgl tsb sebagai wafatnya, artinya bisa dijadikan acuan untuk HAUL BELIAU. tp jk salah tentunya akan menyesatkan sejarah bagi keturunan selanjutnya....jadi mohon berhati2 jk tdk memiliki bukti bukti otentik. terimakasih

    BalasHapus
  11. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Kepada Bapak R.Edi Ginanjar SE. MPD
    Saya mau bertanya....
    Adakah silsilah lengkap anak cucu beliau (Pangeran Shoheh)..
    Saya sering di ajak orang tua saya berziarah ke makam beliau....
    Saya putra dari H. Hasyim putra dari R.Hj Zubaedah putra dari R. H. Abdul Mufakhor putra dari R. Ahmad Jaza
    Makam R. Ahmad Jaza ada di arah babakan madang setelah sirkuit sentul.
    Mungkin Bapak bisa membantu saya....
    Terima kasih sebelum nya..
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om boleh tau gak yah, kalo Yg R Ahmad Jaza punya berapa anak dan nama nya siapa Ajah,mohon pencerahanya

      Hapus
    2. Mangga Ari saturunan eyang sake mampir ka rorompok di arah sirkuit Sentul...kp lewijambe DS kadumanggu ,,,ti abdi katurunan RH abdurahhim bin R ija bin R ufah oha bin Tubagus Kamil bin R Tubagus badarudin bin pangeran sake lajeng ka syeh syarif, iye no wa abdi 081284140400. Mudah2an urang tiasa janten silaturahmi ngarah dulur sa uyunan...nuhun

      Hapus
    3. Sampurasun punten akang saya punya silsilah nya dari atas sampai sekarang ada kalo akang mau lihat lebih jelas datang saja ke rumah kp.cipambuan kec.babakan madang sentul bogor tanya aja ke warga rumah R.ikha

      Hapus
  12. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Kepada Bapak R.Edi Ginanjar SE. MPD
    Saya mau bertanya....
    Adakah silsilah lengkap anak cucu beliau (Pangeran Shoheh)..
    Saya sering di ajak orang tua saya berziarah ke makam beliau....
    Saya putra dari H. Hasyim putra dari R.Hj Zubaedah putra dari R. H. Abdul Mufakhor putra dari R. Ahmad Jaza
    Makam R. Ahmad Jaza ada di arah babakan madang setelah sirkuit sentul.
    Mungkin Bapak bisa membantu saya....
    Terima kasih sebelum nya..
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam wr.wb.
      untuk silsilah Mbah pangeran sake ke atas sudah jelas ada dimperpustakaan Nasional (silsilah beliau )
      tapi untuk anak2 beliau dan seterusnya tidak ada yang tau pasti, hanya katana..dan katanya...
      saya keturunan dari R. Surya Pringga bin Mbah Sake, namun urutan keberapa dan punya kaka atau adik siapa saja, ini yang belum jelas.makanya jika ada yang berani memberikan info2 harus tau sember pastinya dari mana.

      Hapus
  13. Assalamu'alaikum.Wr.Wb.
    Kepada para Ichwan ..mohon maaf dan mohon ijin untuk memberi informasi..bagi para ichwan yg merasa atau sesuai informasi dari keluarga bahwa ichwan adalah termasuk keturunan Pangeran Sake, bila merasa masih ragu dan ingin lebih jelas,untuk emastikannya ..silahkan hubungi KH.Tubagus Muhyil Haq. Beliau tinggal di daerah Sanja.Insya Allah mudah2an beliau bis membantu. Terimakasih
    Hormat saya
    Sarmili Hidayat
    Hp.0813 1160 0649

    BalasHapus
  14. Kita semua bersaudara, apapun pengakuannya, benar tidaknya kita, hanyaa Allah yg tau, hadapi dgn cara humanis, mari kita sama sama teguhkan iman kita, doakan yg sudah tiada , dan jadikan silaturahmi kita sebagai tali persaudaraan. Maaf

    BalasHapus
  15. Kita semua bersaudara, apapun pengakuannya, benar tidaknya kita, hanyaa Allah yg tau, hadapi dgn cara humanis, mari kita sama sama teguhkan iman kita, doakan yg sudah tiada , dan jadikan silaturahmi kita sebagai tali persaudaraan. Maaf

    BalasHapus
  16. sedikit bercerita, pada tgl 26 06 2017 sehari setelah lebaran sya bersilaturahmi ke rumah nenek sya dicilengsih, ia menutur kan klo beliau ada keturunan pangeran sake, dia keturunan yg ke 3, klo ga salah di menuturkan seperti itu, sya awam betul siapa pangeran sake ? lalu sya cari di google ternyata beliau adalah penyebar agama islam, wali Allah swt, begitu terharu nya sya apa bila sya ada garis keturunan nya, wa Allahu alam, Sya hanya minta doakan beliau dan keturunannya yg dulu pernah berjuang akan islam, semoga Allah Swt memberikan rahmat nya kepada beliau, Amin.. alfatihah...

    BalasHapus
  17. sedikit bercerita, pada tgl 26 06 2017 sehari setelah lebaran sya bersilaturahmi ke rumah nenek sya dicilengsih, ia menutur kan klo beliau ada keturunan pangeran sake, dia keturunan yg ke 3, klo ga salah di menuturkan seperti itu, sya awam betul siapa pangeran sake ? lalu sya cari di google ternyata beliau adalah penyebar agama islam, wali Allah swt, begitu terharu nya sya apa bila sya ada garis keturunan nya, wa Allahu alam, Sya hanya minta doakan beliau dan keturunannya yg dulu pernah berjuang akan islam, semoga Allah Swt memberikan rahmat nya kepada beliau, Amin.. alfatihah...

    BalasHapus
  18. Kalau antum pengen tau persis silsilahnya Pangeran Shoheh,datang saja ke banten,afwan syukron

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Asslm
      Keturunan Eyang Sake juga ada dikambangan...silsilahya juga tersimpan Rapih....saya Cucu dari Raden Mamah Alibasyah kambangan bogor

      Hapus
  19. Kalau antum pengen tau persis silsilahnya Pangeran Shoheh,datang saja ke banten,afwan syukron

    BalasHapus
  20. Pastinya kita semua masih keturunan Nabi Adam AS

    BalasHapus
  21. Kalo antum ingin tau kepastian apkh antum kturunan pangeran sake..maka "sarua"

    BalasHapus
  22. silsilah keturunan sultan ageng tirtayasa/abul fattah di bogor http://jejak-pangeran-diponegoro-bogor.blogspot.co.id/2017/10/silsilah-khr-abdullah-bin-nuh-dari.html

    BalasHapus
  23. Saya pernah di datangkan uyut pangeran sake lewat mimpi... Beliau Tubuhnya kecil kulitnya putih dan matanya sipit sprti orang cina, beliau hanya senyum kpd saya.. Demikian pengalaman pribadi saya. Terima kasih

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum.. permisi numpang komen saya dri pasirkonci hnya mau menuliskan silsilah keturunan saya..
    Berikut ini silsilah nya:
    1.R. H. Mas'ud bin R. Jamhur
    2.R. Jamhur bin R. Amsar
    3.R. Amsar bin R. H. Sahiyan
    4.R. H. Sahiyan bin R. Abdul Majid
    5.R. Abdul Majid bin R. Sake
    6.Raden Sake bin R. Mantri
    7.R. Mantri bin R. Soleh
    8.R. Soleh bin R. Badruddin Suryaperingga
    9.R. Badruddin Suryaperingga bin Pangeran Sake/Mbah Sake/R. Shoheh
    10.Pangeran Sake/Mbah Sake/R. Shoheh bin Sultan Ageng Tirtayasa

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum silsilah keturunan saya
    Salam kenal semuanya....ana dari Rengasdengklok keturunan dari Citeureup Bogor...dari Raden Mamad Daman huri bin Raden haji Ja'far bin Raden haji Tabroni bin Raden bawat bin jamail bin ratu jiddah binti seh sake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupz putrana eyang sake
      1.tubagus Komarudin
      2........ Syarifuddin
      3........ Syihabuddin
      4........ Badaruddin
      5........ Muhyiddin
      6 Ratu bagus jidah

      Pami abdi turunan ti R Tubagus badarudin gaduh putra Tubagus Kamil gaduh putra R ufah oha gaduh putra R ija gaduh putra RKH abdurahhim gaduh putri R Hajah Maryoyoh gaduh putri pun ibu teras ka abdi, salam duduluran...saleresna arek Timana rek turunan Saha tetep sadulur anu ngabedaken nya eta polah tingkah kalakuan urang, Mugi Gusti sing maparianan ka barokahan ku berkahna eyang sake Citereup

      Hapus
    2. Teh yg di rengasdengklok (teh kokom, teh Yani.. mudah2n bnr nih.. jigana aya buyut nu katinggalan 1.

      Hapus
    3. Muhun abdi putra na Rd Yani anu di dengklok...

      Hapus
    4. tah eta susunan putra mbah sake geus benten sareng nu diserat tipayun, artina kudu tiasa dipertangung jawabkan sumber na timana.

      Hapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Balasan
    1. sanes agul. tapi ari leures katurunan mah urang kedah tiasa ngabuktikan, upami katurunan mbah mah cacariosan na oga tue garihal. haturnuhun

      Hapus
    2. Jika merasa keturunan eyang sake..baik dr pihak prrempuan atau laki laki.almrhum abah sy...cuma berpesan jgn jadikan takabur dengan keturunan ini itu...trpenting perbaiki Ahlak dgn ahlakul karimah, dgn itu para leluhur kita akan mersa senang jika menjaga ahlakyg baik ,ibadah yg sesuai keteranagn para alim ulama yg kesananya sesuai ajaran Rosulullah SAW.

      Hapus
  29. Saya keturunan pangeran sake dari ratu jidah bersuami Mbah dalem macshan..

    BalasHapus
  30. Kenapa pada menyatakan diri sebagai masih keturunan Kanjeng paman Kanjeng Syekh Sarifudin Sholeh...kita semua masih keturunan Dimulai dari Kanjeng Nabiyulloh ADAM ,Kanjeng Ibu Nabiyulloh HAWA,Nabiyulloh SIS,IDRIS sampai Kanjeng Nabiyulloh Ingkang AGUNG lan dimulyaaken Gusti kang nglimput ing alam kabeh..KANJENG NABI LAN ROSUL MUHAMMAD ROSULULLOHI SALALLOHU ALAIHI WASSALAM.

    BalasHapus
  31. hpunten ksadaya sugan aya nu apal
    abdi hyng terang ari TB badaruddin gduh putra sbaraha jng naon" nama na ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putra2 tb badaruddin/badruddin.1 tb saidin 2 tb kamil 3 ratu fatimah.

      Hapus
    2. Punten abdi hoying terang TB. Saidin gaduh putra sabaraha Sareng Saha wae ?

      Hapus
  32. Assalamu'alaikum.. Akang dan teteh punten saya orang Citeureup Asli dari uyut saya akan tetapi bukan silsilah dari Pangeran Shoheh,, saya punya gagasan bagaimana jika Kita yang mengaku sebagai orang citeureup asli atau keturunan langsung dari eyang sake berkumpul untuk membuat BIOGRHAPY Pangeran Shoheh.?? Karena Bagaimana pun Sejarah jika tidak dipertahankan dan tidak tertulis dan tidak diwariskan akan hilang seperti debu tersapu angin, dan kebetulan saya pun seorang penikmat sejarah terutama babat sunda. Hatur nuhun..
    Assalamu'alaikum..
    Salam citeureup Di Hareup

    BalasHapus
  33. Saya punyabiografi atau bisa di sebut silsilah bisa datang saja ke rumah kp.cipambuan kec.babakan madang sentul tanya aja ke warga rumah R.ikha

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum..
    Abdi katurunan ti sudra saur abdi mah Mbah sake katurunan ti China supados jelas eta silsilah dugi ka Sultan Ageng cobi ningalina ku istikhoroh supaya jelas asal usulna sabab baheula mah benghar saetik Oge Osok atawa hayang disebut raden jentreken ku elmu ulah Ngan saukur ku tulisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumuhun...gelar raden teh aya 2 ..ka hiji raden asli (gelar agama) ka 2 raden beulian kulantaran beunghar hayang dsebut raden .jadi meuli gelar raden....katingali ieuh kin tina ahlakna ..nu asli atawa ani beulian..mah hehe

      Hapus
  35. Assalamualaikum dulur sadaya..Kedah isin pami tos terang saha anu janten Karuhun urang teh,teu Kedah agul teu Kedah Sombong..kedahna izin tos terang karuhun urang sadaya anu SAE Budi pekerti..solehna..taat kana agamana..manawi urang sadaya kedah isin ngaku anak turunan na eyang SAKE Ari tingkah polah urang jauh tina agama..kana ibadahna seuseut..sholat di akhir waktu..sodaqohna pelit merengkel..ucapan masih nga nyeri hate NU sanes...iisin pisan nya

    Salam,

    Simkuring,Nandang.k ti Puspasari Citeureup 08179919555

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum salam santun para sadulur...Mf menurut sy apapun keturunan mu klo ga beriman dan bertakwa maka allah ga menjamin kamu masuk ke dlm surga marilah kt dekat kan diri kita kepada allah seperti apa yg telah di ajarkan para keruhun kita yg memang sdh berjasa menyebarkan agama islam...

    Hapunten ka sadulur

    BalasHapus
  37. Saya anak pertama dari bapa saya .saya laki2
    Ayah saya anak pertama
    Kake saya anak pertama
    Buyut saya anak pertama

    Nah orang tua buyut saya itu eyang sake .mengalir darah raja
    Mengetahui silsilah itu memang ga ada salah nya .tapi buat saya cukup mengetahui tidak menjadi kesombongan .
    Bagi orang yang tau silsilah eyang sake pasti memanggil saya raden dan di kehidupan sehari2 memang masih ada yang tau.karena kalau kesultanan banten belum runtuh saya pewaris tahta yang paling berhak .memimpin banten .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masalah jd putra mahkota ya keturunan kakanya pangeran sake yaitu syekh mansur dari anak pertama mereka yg paling berhak menjadi pewaris tahta banten.

      Hapus
  38. Salam kenal buat para saderek sadulur salembur

    BalasHapus
  39. Seru ceritanya..ya siapapun kita klu merasa turunannya eyang sake...hrus benar2 mnjga adab dan akhlak....jgn mmpermalukan karuhun2 kita dgn sikap dan perbuatan yg tdk baik...
    Sejarah tuh ada sejarah lisan dan tulisan ....mungkin pra leluhur kita bercerita ...ttng silsilah nya....
    Tapi tetap geutih moal pahili....dtutup ge ..pasti kabuka tereuh timna sadulur2..
    Saran saya siapa yg memiliki babon resmi itu tyrunan yg syah.....sya jg di ceritakan nenek ...msih afa turunan dari eyang sake...namun mati obor...
    Dulu setiap bulan mulud dan idul fitri kami para ketrunannya ngumpul di satu rumah besar di citereup...yang sata inget rumahnya uwa ula ...abah sya namnya Hamzah bin H kosim bin H entong ....bin purasasmita....kesananya sy ngk tau lgi..tpi sewaktu saya tirakat...sngat jelas..disebutkan sya turunan anak kesatu dari eyang sake yg menikah dengan perempuan tionghoa bermarga tan.....itu hasil tirakat dan dtng melalui mimpi...ya Allhoualam bisawab....kakek sy klu di citereup selalu dipnggil sebutan Neng......
    Klu ada info2 mohon bantu untuk silahtrahmi WA 081294216640...kang ade

    BalasHapus
  40. Saya dari cucu nya abah hj fahru bin kh abdul gani dari situ gatau lagi info nya dong

    BalasHapus
  41. kalo kh abdul gani puny anak namaya siapa saja ya

    BalasHapus
  42. Saya sekarang tinggal di.singkawang Kalbar kakek saya orang kadu Mangu saya lama tinggal di kaum Citereup bahkan sejak kecil saya sering dibawa kakek ziarah bilangnya kemakan Mbah buyut tapi sy engga tahu persis
    Cara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Babakan madang ya..bisa hubungi bpk mamad alamat sentul,citaringgul.

      Hapus
    2. Ya sudah kamu pulang kampung daja .pinfah ke citeureup lagi dah

      Hapus
  43. Punten bade naros, ari putra na Mbah Sake aya nu Namina Maulana Mangun Redja teu aya...
    Atw Eta mah nami sebutan(landihan), Namung nami landihan eta kasaha slh sawios putra Mbah Sake teh... ...

    BalasHapus
  44. Punten bade naros, ari putra na Mbah Sake aya nu Namina Maulana Mangun Redja teu aya...
    Atw Eta mah nami sebutan(landihan), Namung nami landihan eta kasaha slh sawios putra Mbah Sake teh... ...

    BalasHapus
  45. السلام عليكم ورحمةالله وبركاته
    Punten pisan kasadaya, margi pribados hoyong naros.
    Upami ambah Machsan sareng inu Ratu Jidah teh gaduh putrana saha wae??
    Punten tina sagala kalepatan
    Wassalaam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalikumussalam..wrwb...gaduh putra ceu eros sareng ceu mumun

      Hapus
  46. sing jadi barokah kasadayana.

    BalasHapus
  47. Pada dpt undangan nggak acara haul syeik maulana muhammad syafei raja atas angin, yg didahului dg ziaroh ke pangeran sake citeureup,tgl 9 januari 2021, akan dibagikan silsilah keturunan pangeran sake.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kakek-nenek saya makamnya di sukaraja bogor, diceritakan masih keturunan Pangeran Sake.... untuk silsilah bisa dishare gak om ?
      punten upami teu ngarepotkeun

      Hapus
  48. Prabu walangsungsang Adik'y Rarasantang Adik'y Prabu Kian Santang. Jadi Prabru Walangsungsang dan Prabu Kian Santang Ade kakak🤭

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum, punten bade naroskeun ari uyut sakir teh nami aslina saha? Abdi turunan ti uyut sakir bin sake
    Hampura bilih aya nu salah?

    BalasHapus
  50. Seur nya keturunan na eyang sake di dieu, salam kenal Kasadana.

    BalasHapus