Minggu

Syekh Tijani

Sheikh Tijani: A Meeting with Al Sayyid Muhammad Baqir al Sadr
Saya pergi bersama Abu Shubbar ke rumah al-Sayyid Muhammad Baqir al-Sadr, dan dalam perjalanan ia dihormati saya dan berbicara kepada saya tentang Ulama terkenal dan tentang taqlid (adopsi dari sebuah keputusan hukum oleh mujtahid) dan sebagainya ... sampai kita masuk ke dalam rumah di mana kami menemukan al Sayyid al Sadr dikelilingi oleh banyak siswa bersorban muda. Al-Sayyid berdiri dan menyambut kami, lalu saya diperkenalkan kepadanya dan dia menyambut saya dengan hangat dan duduk saya di sampingnya.

Setelah itu ia mulai bertanya padaku tentang Tunisia dan Aljazair dan sekitar Ulama terkenal seperti al-Khidr Husain dan al-Thahir bin Ashoor dan lainnya. Saya menikmati ceramahnya, dan meskipun posisi tinggi dan sangat menghormati dia perintah dari murid-muridnya, saya menemukan diri saya nyaman dengan dirinya dan merasa seolah-olah aku telah mengenalnya sebelumnya.

Saya diuntungkan banyak dari pertemuan itu karena saya mendengarkan pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa dan jawaban-jawabannya kepada mereka, juga saya dihargai maka gagasan mengadopsi keputusan Ulama yang hidup yang bisa menjawab segala macam pertanyaan langsung dan jelas. Saya menjadi yakin bahwa Syiah adalah ummat Islam menyembah Allah saja, yang percaya pada pesan Nabi Muhammad (saw). 

Pada awalnya saya menduga bahwa apa yang saya lihat hanya akting, atau mungkin karena mereka menyebutnya Taqiyyah, yaitu mereka menunjukkan apa yang mereka tidak percaya, tetapi kecurigaan ini menghilang dengan cepat karena sudah terbayangkan bahwa ratusan orang yang saya lihat atau mendengar dikoordinasikan akting mereka, dan mengapa harus ada cara-bertindak? 

Selain yang saya, dan mengapa mereka harus khawatir tentang saya sampai-sampai mereka menggunakan Taqiyyah dengan saya? Dan semua buku-buku mereka, apakah mereka yang lama yang telah ditulis berabad-abad yang lalu atau yang baru diterbitkan, semua mengaku kesatuan Allah dan memuji Rasul-Nya Muhammad (saw). Ada aku, di rumah al-Sayyid Muhammad Baqir al-Sadr, otoritas agama terkenal di Irak dan di luar, dan setiap kali nama Muhammad (saw) itu disebutkan, seluruh penonton berteriak dalam satu suara "May Allah rahmat atas Muhammad dan keluarganya. "

Bila waktu untuk berdoa adalah karena, kami meninggalkan rumah dan pergi ke masjid, yang sebelah, dan al-Sayyid Muhammad al-Sadr memimpin doa tengah hari dan sore. Saya merasa seperti saya tinggal di antara para sahabat (Nabi), karena ada sebuah doa khusyuk dari salah satu pria yang memiliki suara yang bergerak, dan ketika ia selesai doa itu seluruh penonton berteriak, "berkah Semoga Allah akan berada di atas Muhammad dan keluarganya. " Doa itu pada dasarnya terima kasih dan memuliakan Allah, Yang Mulia Agung, dan kemudian Muhammad (saw) dan keturunannya yang baik dan dimurnikan.

Setelah doa, al-Sayyid duduk di Mihrab (niche doa) dan orang-orang datang untuk menyambutnya, beberapa menanyakan pertanyaan pribadi, orang lain bertanya pertanyaan umum, dan ia menjawab masing-masing dari mereka sesuai. Ketika seseorang memperoleh jawaban untuk pertanyaan, ia mencium tangan al-Sayyid lalu pergi, apa yang orang beruntung memiliki seorang Imam belajar bermartabat yang tinggal pengalaman mereka dan memecahkan masalah mereka.

Al-Sayyid menunjukkan begitu banyak perawatan dan kemurahan hati sampai-sampai aku lupa semua tentang keluarga dan suku, dan merasa bahwa jika saya tinggal selama satu bulan dengan dia, saya akan menjadi Shii, karena dari, kesederhanaan tata krama dan kemurahan hati . 

Setiap kali saya melihat dia tersenyum dan bertanya apakah saya membutuhkan sesuatu, dan aku tidak meninggalkan perusahaan selama empat hari, hanya ketika saya ingin tidur. Ada banyak pengunjung yang datang menemuinya dari seluruh dunia, ada Syiah Saudi dari Hijaz, yang lain datang dari Bahrain, Qatar, Uni Emirat Arab, Libanon, Suriah, Iran, Afghanistan, Turki dan Afrika Hitam, dan al-Sayyid berbicara kepada masing-masing dari mereka dan memecahkan masalah mereka, kemudian mereka membuatnya merasa senang dan terhibur. 

Di sini saya ingin menyebutkan kasus yang dibawa al-Sayyid ketika saya di perusahaannya, dan saya sangat terkesan dengan cara dia berurusan dengan itu. Aku menyebutkannya karena pentingnya sejarah sehingga kaum Muslim tahu apa yang mereka telah kehilangan dengan meninggalkan aturan Allah.

Empat pria, yang mungkin orang Irak, dilihat dari aksen mereka, datang untuk melihat al-Sayyid Muhammad Baqir al-Sadr. Salah satunya mewarisi rumah dari kakeknya, yang telah meninggal beberapa tahun yang lalu, dan telah menjual rumah itu kepada orang kedua (dia hadir saat itu). Satu tahun setelah selesainya penjualan, dua saudara datang dan membuktikan bahwa mereka juga pewaris sah dari orang mati (yaitu ayah). Mereka berempat duduk sebelum al-Sayyid dan mereka masing-masing diproduksi sejumlah makalah dan perbuatan, yang membaca al-Sayyid, dan setelah ia berbicara selama beberapa menit dengan pria, ia melewati sebuah penilaian yang adil. Dia memberikan pembeli hak penuh ke rumahnya, dan meminta penjual untuk membayar untuk kedua saudaranya saham mereka dari harga jual, dan setelah itu mereka berdiri dan mencium tangan al-Sayyid dan memeluk satu sama lain. 

Saya heran tentang apa yang yang telah terjadi dan meminta Abu Shubbar, "Apakah kasus ini berakhir?" 

Dia berkata, "Ya, semua orang menerima kanannya Segala puji bagi Allah!." Dalam hal demikian, dan dalam waktu singkat, hanya beberapa menit, masalah itu terpecahkan. Kasus serupa di negara kita akan mengambil setidaknya sepuluh tahun untuk menyelesaikan, beberapa penggugat akan mati dan anak-anak mereka melanjutkan kasus ini, sering biaya hukum melebihi harga rumah. Kasus ini akan bergerak dari Pengadilan Hakim ke Pengadilan Banding ke Pengadilan Review, dan pada akhirnya tidak ada yang puas, dan kebencian antara Rakyat dan Suku diciptakan.

Abu Shubbar berkomentar, Kami memiliki hal yang sama jika tidak lebih buruk 

"Saya bertanya,"Bagaimana? 

"Katanya, jika orang membawa kasus mereka ke pengadilan negara, maka mereka akan pergi melalui masalah yang sama yang Anda baru saja disebutkan., Tetapi jika mereka mengikuti Otoritas Agama dan berkomitmen untuk Hukum Islam, maka mereka akan membawa kasus mereka kepadanya dan masalah akan diselesaikan dalam beberapa menit, seperti yang Anda lihat. Dan apa yang lebih baik daripada Hukum Allah bagi orang yang bisa memahami Al-Sayyid? al-Sadr tidak membebankan mereka satu Fils, tetapi jika mereka pergi ke pengadilan negara, maka mereka akan membayar dengan harga tinggi. "

Saya berkata, "Segala puji bagi Allah aku masih tidak percaya apa yang saya lihat, dan jika aku tidak melihat dengan mata saya, saya tidak akan percaya sama sekali.!"

Abu Shubbar berkata, "Anda tidak perlu menyangkalnya saudara, ini adalah kasus sederhana dibandingkan dengan yang lebih rumit lain yang melibatkan darah. Meskipun demikian, Otoritas keagamaan tidak menganggap mereka, dan membawa mereka beberapa jam untuk menyelesaikan.

"Saya berkata dengan heran," Karena itu Anda memiliki dua pemerintah di Irak, pemerintah negara dan pemerintahan ulama. 

Dia menjawab, "Tidak, kita memiliki pemerintah negara saja, tetapi umat Islam dari mazhab yang Shii ikuti Otoritas Agama, tidak ada hubungannya dengan pemerintah negara, karena bukan pemerintahan Islam. Mereka adalah subyek dari pemerintah yang hanya karena kewarganegaraan mereka, pajak, hukum sipil dan status pribadi, jadi jika seorang Muslim yang berkomitmen memiliki argumen dengan non berkomitmen Muslim, maka kasus tersebut harus dibawa ke pengadilan negara, karena yang terakhir akan tidak menerima penghakiman Otoritas Agama. 

Namun, jika dua Muslim berkomitmen punya argumen, maka tidak ada masalah, apapun Otoritas Agama memutuskan dapat diterima oleh semua pihak. Dengan demikian, semua kasus dilihat oleh Otoritas Agama diselesaikan pada sehari-hari, sedangkan kasus lain berlama-lama berbulan-bulan dan tahun. "

Itu adalah insiden yang membuat saya merasa puas dengan aturan Allah, Maha Besar Allah yang Ta'ala, yang membantu saya untuk memahami firman Allah dalam Kitab Agung-Nya: 

... Dan siapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, yaitu mereka yang menjadi orang-orang kafir (Al Qur'an 5:44).

... Dan barangsiapa tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, yaitu mereka yang menjadi orang yang tidak benar (Al Qur'an 5:45).

... Dan siapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, yaitu mereka yang menjadi orang yang melampaui batas (Al Qur'an 5:47).

Insiden yang membangkitkan dalam diriku perasaan marah dan dendam dengan mereka yang mengubah aturan hanya Allah dengan beberapa, tidak adil buatan manusia aturan. Mereka bahkan pergi lebih jauh, dan dengan semua kelancangan dan sarkasme, mereka mengkritik aturan ilahi dan menghukum mereka karena biadab dan tidak manusiawi karena menarik batas. memotong tangan pencuri, batu pezinah dan membunuh si pembunuh. Jadi kemana semua teori baru, yang asing bagi kita dan budaya kita berasal? Tidak ada keraguan mereka datang dari Barat dan dari musuh-musuh Islam yang tahu bahwa penerapan aturan Allah berarti kehancuran yang tak terelakkan mereka karena mereka adalah pencuri, pengkhianat, pezinah, penjahat dan pembunuh.

Saya memiliki banyak diskusi dengan al-Sayyid al-Sadr selama hari ini, dan aku bertanya kepadanya tentang semua yang saya telah belajar melalui teman-teman yang berbicara kepada saya tentang keyakinan mereka dan apa yang mereka pikir tentang para sahabat Nabi (saw), dan sekitar Ali dan anak-anaknya ... di samping masalah lain yang kita gunakan untuk tidak setuju atas.

Saya bertanya al-Sayyid al-Sadr tentang Imam Ali dan mengapa mereka bersaksi untuknya di Adzan [panggilan untuk doa] bahwa ia "Waliy Allah" [para sahabat Allah] 

Dia menjawab aku dengan cara berikut.: 
Komandan orang yang beriman, Ali, semoga Allah besertanya, adalah salah satu hamba Allah yang Dia pilih dan terhormat dengan memberikan mereka tanggung jawab Pesan setelah Nabi-Nya. Para pegawai adalah wali dari Nabi (saw), karena nabi masing-masing memiliki wali amanat, dan Ali bin Abi Thalib adalah wali dari Muhammad (saw).

Kami mendukung dia di atas semua para sahabat Nabi (saw) karena Allah dan Nabi disukai dia, dan kami memiliki banyak bukti itu, beberapa dari mereka yang disimpulkan melalui penalaran logis, yang lain ditemukan dalam Al-Qur'an dan al-Sunnah [Tradisi Nabi Muhammad (saw)], dan bukti-bukti tidak bisa menjadi tersangka, karena mereka telah diteliti, dan tepat terbukti, oleh orang-orang kita sendiri belajar (yang menulis banyak buku tentang subjek) dan orang-Madhahibs Sunni. Rezim Umayyah bekerja sangat keras untuk menutupi kebenaran ini dan berjuang Imam Ali dan anak-anaknya, yang mereka dibunuh. 

Mereka bahkan memerintahkan orang, kadang-kadang dengan kekerasan, mengutuknya, sehingga pengikutnya - semoga Allah memberkati mereka semua mulai bersaksi untuk dia sebagai sahabat Allah. Tidak ada Muslim akan mengutuk sahabat Allah yang bertentangan dengan otoritas yang menindas, sehingga kemuliaan adalah kepada Allah dan kepada Rasul-Nya dan semua orang percaya. Hal ini juga menjadi land mark sejarah lintas generasi sehingga mereka mengetahui tujuan yang benar dari Ali dan salah melakukan musuh-musuhnya. Dengan demikian, rakyat kita belajar terus bersaksi bahwa Ali adalah sahabat Allah dalam panggilan mereka untuk berdoa, sebagai sesuatu yang terpuji. Ada hal-hal terpuji banyak dalam ritual keagamaan maupun dalam urusan duniawi biasa, dan Muslim akan dihargai untuk melakukannya, tetapi tidak dihukum karena meninggalkan ke samping.

Sebagai contoh, adalah terpuji untuk Muslim mengatakan setelah al-Syahadah [yaitu bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad (saw) adalah utusan-Nya]: Dan aku akan bersaksi bahwa Surga adalah benar dan neraka adalah benar , dan bahwa Allah akan membangkitkan orang dari kubur mereka.

Aku berkata "Orang-orang kami belajar mengajar kita bahwa prioritas suksesi itu untuk kami tuan Abu Bakar al-Siddiq, kemudian kami menguasai Umar al-Faruq, kemudian kami menguasai Utsman, kemudian kami menguasai Ali, semoga Allah memberkati mereka semua "tetap. Al-Sayyid terdiam beberapa saat, kemudian menjawab aku, 
Biarkan mereka mengatakan apa yang mereka inginkan, tetapi tidak mungkin bagi mereka untuk membuktikannya dengan alasan hukum, selain itu, apa yang mereka katakan bertentangan dengan buku-buku mereka yang menyatakan: Yang terbaik dari orang-orang adalah Abu Bakr kemudian Utsman, dan tidak disebutkan Ali karena mereka membuatnya hanya orang biasa, namun, para sejarawan kemudian mulai menyebutkan dirinya demi menyebutkan khalifah Benar Terpimpin. 

Setelah itu saya bertanya kepadanya tentang sepotong tanah liat yang mereka meletakkan dahi mereka selama doa dan mereka menyebutnya "al-Turbah Al-Husayniyyah". 

Dia menjawab, 
Kita semua bersujud pada debu, tapi tidak untuk debu, karena beberapa orang mengklaim bahwa Syiah lakukan, untuk sujud hanya untuk Allah, Maha Besar Allah yang Mahatinggi. Hal ini juga ditetapkan di antara rakyat kita, serta antara kaum Sunni, bahwa sujud yang paling menguntungkan ada di bumi atau pada produk non-dimakan bumi, dan adalah keliru untuk bersujud pada hal lain. Rasulullah (saw) yang digunakan untuk duduk di tanah itu, dia memiliki sepotong tanah liat dicampur dengan jerami, di mana ia digunakan untuk bersujud. Dia juga mengajarkan para sahabatnya, semoga Allah memberkati mereka semua, untuk bersujud di bumi atau di batu, dan melarang mereka dari sujud di tepi baju mereka. Kami menganggap tindakan ini menjadi perlu dan penting.

Imam Zainal Abideen Ali bin al-Husain [semoga Allah memberkati mereka berdua] mengambil Turbah [sepotong tanah liat] dari dekat makam ayahnya Abu Abdullah, karena debu ada diberkati dan murni, karena darah dari martir kepala tertumpah di atasnya. Dengan demikian, pengikutnya melanjutkan bahwa praktek sampai hari ini.

Kami tidak mengatakan sujud yang tidak diperbolehkan tapi di Turbah, lebih tepatnya, kita mengatakan sujud yang benar jika dilakukan pada setiap Turbah diberkati atau batu, juga sudah benar jika dilakukan di atas tikar yang terbuat dari daun kelapa atau bahan serupa.

Aku bertanya, dengan mengacu pada kami menguasai al-Husain, semoga Allah besertanya, "Kenapa menangis Syiah dan memukul pipi mereka dan bagian lain dari tubuh mereka sampai darah yang tumpah, dan ini dilarang dalam Islam, karena Nabi (saw) mengatakan: Dia yang mengalahkan pipi, air mata kantong dan mengikuti panggilan al-jahiliyah bukan salah satu dari kita ".

Al-Sayyid menjawab,
Pepatah ini benar dan tidak ada keraguan tentang itu, tapi itu tidak berlaku untuk penguburan Abu Abdullah, karena orang yang menyerukan pembalasan dari al-Husain dan mengikuti jalannya, panggilan-Nya tidak Jahiliyyah tersebut. Selain itu, Syiah hanya manusia, di antaranya Anda menemukan, belajar dan tidak begitu belajar dan mereka memiliki perasaan dan emosi. Jika mereka diatasi dengan emosi mereka selama hari peringatan kesyahidan Abu Abdullah, dan ingat apa yang terjadi padanya, keluarganya dan para sahabatnya dari degradasi ke penangkaran dan akhirnya pembunuhan, maka mereka akan diberi imbalan atas niat baik mereka, karena semua niat adalah demi Allah. Allah - segala puji bagi Dia, tertinggi - yang menghargai orang sesuai dengan niat mereka.

Minggu lalu saya membaca laporan resmi dari pemerintah Mesir tentang insiden bunuh diri yang diikuti kematian Jamal Abdul Nasser. Ada delapan insiden seperti itu di mana orang mengambil hidup mereka dengan melompat dari gedung atau melemparkan diri di bawah kereta api, selain mereka ada orang yang terluka banyak. Ini adalah tetapi beberapa contoh di mana emosi telah mengalahkan yang paling rasional orang, yang kebetulan adalah Muslim dan yang bunuh diri karena kematian Jamal Abdul Nasser, yang meninggal karena sebab alamiah, karena itu, tidaklah tepat bagi kita untuk mengutuk Sunni dan hakim mereka untuk menjadi salah.

Di sisi lain, tidak tepat untuk Sunni menuduh saudara-saudara mereka Syiah menjadi salah karena mereka menangis untuk martir kepala. Orang-orang telah hidup dan masih hidup sampai hari ini tragedi al-Husain. Bahkan Rasulullah (saw) menangis setelah kematian putranya al-Husain, dan Gabriel menangis juga.

Saya bertanya, "Mengapa Syiah menghias makam orang suci mereka dengan emas dan perak, meskipun fakta bahwa dilarang dalam Islam?"

Al-Sayyid al-Sadr menjawab,
Hal ini tidak dilakukan hanya dengan Syiah, dan itu tidak dilarang. Lihatlah masjid saudara kita kaum Sunni di Irak atau Mesir atau Turki atau di mana pun di dunia Islam, mereka semua dihiasi dengan emas dan perak. Selanjutnya, Masjid Rasulullah (saw) di al-Madinah al-Munawarah dan Ka'bah, Rumah Allah, di Mekkah diberkati ditutupi setiap tahun oleh kain dihiasi oleh emas yang biaya jutaan. Jadi hal seperti itu tidak eksklusif untuk Syiah.

Saya bertanya "Ulama Saudi mengatakan bahwa menyentuh kuburan dan memanggil orang-orang kudus atas berkat mereka adalah politeisme, jadi apa pendapat Anda?"

Al-Sayyid al-Sadr menjawab: 
Jika menyentuh kuburan dan memanggil orang mati adalah dengan pemahaman bahwa mereka bisa menimbulkan kerusakan atau membuat keuntungan, maka itu adalah syirik, tidak diragukan lagi, umat Islam yang monoteis dan mereka tahu bahwa Allah saja bisa menimbulkan kerusakan atau membuat keuntungan, tapi memanggil orang-orang kudus dan para imam [semoga Allah memberkati mereka semua] dengan pengertian bahwa mereka bisa menjadi perantara bagi Allah, yang tidak politeisme.

Semua umat Islam, Sunni dan Syiah, sepakat dalam hal ini dari zaman Rasulullah sampai hari ini, kecuali Wahabiyyah, Ulama Saudi yang bertentangan dengan keyakinan semua Muslim baru mereka.Mereka menyebabkan gangguan yang cukup besar di kalangan umat Islam, mereka menuduh mereka menghujat, mereka menumpahkan darah mereka dan bahkan mengalahkan peziarah tua dalam perjalanan mereka ke Rumah Allah di Mekkah hanya karena mereka berkata "Ya Rasulullah, semoga damai kasih", dan mereka tidak akan pernah membiarkan siapapun menyentuh kuburnya diberkati.Mereka memiliki begitu banyak perdebatan dengan orang-orang kita belajar, tapi mereka tetap keras kepala mereka dan kesombongan mereka.

Al-Sayyid Sharaf al-Din, seorang Syi'ah yang terkenal belajar manusia, melanjutkan ziarah ke Rumah Allah pada masa Abdul Aziz bin Saud, dan dia adalah salah satu Ulama yang diundang ke istana Raja untuk merayakan dengan Raja 'Id al-Adhha, sesuai dengan kebiasaan di sana. Ketika gilirannya tiba mengguncang King'shand tersebut, Sayyid Sharaf al-Din disajikan dengan kulit terikat Qur'an. Sang Raja mengambil Al Qur'an dan meletakkannya di dahinya kemudian menciumnya. 

Al Sayyid Sharaf al-Din berkata, "Wahai Raja, mengapa Anda mencium dan memuliakan penutup yang hanya terbuat dari kulit kambing?" Sang Raja menjawab, "Aku dimaksudkan untuk memuliakan Al-Qur'an, bukan kulit kambing."Al-Sayyid Sharaf al-Din kemudian berkata, "Bagus, O Raja. Kami melakukan hal yang sama ketika kita mencium jendela atau pintu (saw) ruang Nabi, kita tahu itu terbuat dari besi dan tidak bisa menyakiti atau membuat manfaat, tetapi yang kami maksud apa di balik besi dan kayu, kita berarti untuk memuliakan Rasulullah (saw) dengan cara yang sama seperti yang Anda maksud dengan Al-Qur'an ketika Anda mencium penutup kulit kambing-nya.

Para penonton terkesan oleh al-Sayyid dan berkata, "Anda benar." Sang Raja terpaksa untuk memungkinkan para peziarah untuk meminta berkah dari peninggalan Nabi, sampai perintah itu dibalikkan oleh penerus raja itu. Masalahnya bukan bahwa mereka takut orang lain bergaul dengan Allah, bukan, ini adalah masalah politik berdasarkan pertentangan dan membunuh kaum muslimin untuk mengkonsolidasikan kekuasaan dan otoritas atas kaum Muslim, dan sejarah adalah saksi apa yang mereka dilakukan dengan bangsa Muslim.

Aku bertanya kepadanya tentang sufi, dan dia menjawab saya secara singkat, 
Ada aspek positif dan negatif kepada mereka. Aspek positif termasuk disiplin diri, hidup sederhana, penolakan terhadap kesenangan duniawi dan mengangkat diri pada dunia spiritual. Aspek-aspek negatif termasuk isolasi, eskapisme dan membatasi penyebutan Allah dengan nomor verbal dan praktek lainnya.Islam, seperti yang dikenal menerima aspek-aspek positif tetapi menolak yang negatif, dan kita mungkin mengatakan bahwa semua prinsip-prinsip dan ajaran Islam yang positif. (Edy Rusman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar