Bismillaahir rahmaanir rahiim...
Korupsi termasuk pencuri/ghashab.? Kalau pencuri harus dipotong tangannya dan harus mengembalikan harta hasil korupsinya.
Dalam pandangan syari'at, korupsi merupakan pengkhianatan berat (ghulul) terhadap amanat rakyat. Dilihat dari cara kerja dan dampaknya, korupsi dapat dikategorikan sebagai pencurian (sariqoh) dan perampokan (nahb).
Yang harus diperlakukan dalam ajaran Islam bagi seorang Koruptor adalah :
- Harus melunasi tanggungannya/mengembalikan harta yang ia korupsi.
- Dihukum dengan potong tangan bahkan hingga hukuman mati.
_________________________
التعزير هو التأديب بنحو حبس وضرب غير مبرح كصفح ونفى وكشف رأس وتسويد وجه – إلى أن قال – أما التعزير لوفاء الحق المالى فإنه يحبس إلى أن يثبت إعساره وإذا امتنع من الوفاء مع القدرة ضرب إلى أن يؤديه أو يموت لأنه كالصائل .اهـ
Ta’zir adalah bentuk pembelajaran tata krama agar bisa menimbulkan efek jera, dapat dilakukan dengan semacam memenjarakan, memukul dengan tanpa merusakkan anggota tubuh seperti dengan menampar, mengisolisir, membuka penutup kepala dan mencorengi hitam mukanya. Sedang ta’zir yang diberlakukan atas pengembalian harta benda dilakukan dengan mengekangnya hingga ia jatuh miskin, bila dalam kondisi mampu namun tidak mau mengembalikan harta tanggungannya dengan dipukuli hingga menyakitkannya atau membuatnya mati karena ia seperti SHO’IL (orang yang menjarah hak orang lain).
(Tanwirul Qulub hal. 392)
__________________________
وَقَالَ مَالِكٌ إنْ كَانَ غَنِيًّا ضَمِنَ وَإِلَّا فَلَا ، وَالْقَطْعُ لَازِمٌ بِكُلِّ حَالٍ وَلَوْ أَعَادَ الْمَالَ الْمَسْرُوقَ إلَى الْحِرْزِ لَمْ يَسْقُطْ الْقَطْعُ وَلَا الضَّمَانُ
Imam Malik berkata “Jika pelaku tindak pencurian merupakan orang kaya, maka ia menanggung pengembaliannya dan jika buka orang kaya maka tidak harus. Dan hukuman potongan tangan tetap berlaku pada semua kondisi, bila ia mengembalikan uang curian ketempat penyimpanan uang (semula) maka juga tidak menggugurkan hukuman potong tangan dan tanggung jawab mengembalikannya".
(Hasyiyah al-Jamal 21/188)
_______________________
والخلاصة: أنه يجوز القتل سياسة لمعتادي الإجرام ومدمني الخمر ودعاة الفساد ومجرمي أمن الدولة، ونحوهم.
Dan kesimpulannya adalah sungguh boleh menghukum mati sebagai kebijakan bagi orang-orang yang sering melakukan tindakan kriminal, pecandu minuman keras, para penganjur tindakan kejahatan dan pelaku tindakan subversif yang mengancam keamanan negara dan semisalnya.
(Al-Fiqh al-Islaam VII/518)
Wallaahu A'lamu Bis Showaab (Edy Rusman)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar