Rabu

Pertanyaan dalam Kubur.

 

Bismillaahir rahmaanir rahiim...
Menurut satu riwayat , ayat ini diturunkan mengenai azab kubur. Ditanyakan kepadanya : "Siapakan Tuhanmu.?". Ujarnya : "Allah-lah Tuhanku dan Muhammad Nabi-ku." Dalam Musnad Imam Ahmad dan Shahih Abu Hatim, Nabi SAW bersabda : 

"Jika mayat telah diletakkan dalam kuburnya, maka ia akan mengdengar bunyi terompah mereka ketika mereka hendak berpaling untuk pulang. Jika ia seorang Mukmin, maka Shalat akan berada dekat dengan kepalanya, Puasa disebelah kanannya, Zakat disebelah kirinya, sedang perbuatan-perbuatan kebaikkan berupa sedekah, hubungan silahturahim, jasa kepada sesama dan sebagainya akan berada dekat kakinya.



Lalu ia didatangi dari arah kepala, maka menyahutlah Shalatnya bahwa tak ada di sana tempat masuk. Kemudian dari sebelah kanan, maka menyahutlah pula Puasa, bahwa tak ada disana celah-celah untuk dimasuki. Lalu dari sebelah kiri, maka berkata pula Zakat : "Tak ada disini pintu masuk'.

Setelah itu dari arah kedua kakinya, maka kebaikkan-kebaikkannya berupa sedekah, hubungan silahturahim dan jasa-jasa terhadap sesama itu akan mengatakan pula bahwa tak ada tempat masuk dari arahnya.

Kemudian ia (si mayit) dititahkan duduk, maka ia pun duduk. Dan matahari pun dirupakan berada dalam pemandangannya. Lalu ditanya kepadanya : 'Apa katamu tentang orang yang dalam kalanganmu ini.? Dan bagaimana pengakuanmu terhadapnya.? Ujarnya : 'Biarkanlah saya Shalat dulu.! Kata Malaikat-malaikat itu : 'Kau nanti juga bisa Shalat.! Jawablah dulu pertanyaan kami, ceritakan bagaimana pendapatmu tentang orang ini, dan bagaimana pengakuanmu terhadapnya.? Maka ujarnya : 'Ia adalah Muhammad. Saya mengakui bahwa ia Rasul Allah yang datang membawa kebenaran dari Allah SWT. 'Maka kata Malaikat kepadanya : 'Memang, atas itu lah kamu dihidupkan, dan atas itu pulalah kamu diwafatkan, dan Insya Allah atas itu pula kamu akan dibangkitkan nanti'! Kemudian dibukakan untuknya pintu surga dan disampaikan : 'Disinilah kedudukkanmu nanti berikut kesenangan-kesenangan yang disediakan Allah SWT.

Melihat itu, ia pun tambah gembira dan kian merasa bahagia dan kuburnya diperluas 70 (tujuh puluh) hasta, diberi penerangan nur cahaya. Jasadnya dikembalikan kepada semula kejadiannya, sedang ruhnya ditaruh pada angin harum semerbak, berupa seekor burung yang bertengger dikayu surga.

Ulasnya lagi : Itulah dia yang difirmankan Allah Ta'ala : 'Allah akan meneguhkan hari orang-orang yang beriman dengan ucapan yang kokoh pada kehidupan dunia maupun akherat
Dan terhadap orang yang kafir disebutkannya kebaikkan dari itu, sampai sabdanya : 'Kemudian digencetlah ia dalam kuburnya, hingga tulang-tulang rusuknya menjadi remuk. Itulah dia kehidupan sengsara yang difirmankan Allah Ta'ala : Maka ia akan mengalami kehidupan sengsara dan akan kami kumpulkan pada hari kaimat dalam keadaan buta.!"   

Insya Allah bermanfaat...(Edy Rusman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar