Minggu

Istri dan Putra-Putri Ali bin Abi Thalib

Seni kaligrafi diamini dapat membawa pesan keilahian bagi umat muslim
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Telah kita ketahui bersama bahwasannya Ali bin Abi Thalib r.a. adalah seorang khulafaur rasyidin. Adalah pria yang sangat dekat dengan Rasulullah SAW itu begitu dihormati oleh umat Islam. Wanita pertama yang dinikahi beliau adalah Fatimah binti Rasulullah SAW. Keluarga mereka dikaruniai 4 (empat) buah hati, yakni Al-Hasan, Al-Husien, Zainab al-Kubro dan Ummu Kaltsum al-Kubro.

Setelah Fatimah r.a. wafat, Ali menikahi beberapa wanita. Diantara istri-istrinya ada wafat pada saat beliau masih hidup, ada yang beliau ceraikan dan ketika wafat, beliau meninggalkan 4 (empat) istri. Ibnu Katsir dalam Tartib wa Tahdzib Kitab Al-Bidayah wan Nihayah menyebutkan istri dan putra-putri Ali bin Abi Thalib r.a. sebagai berikut :


  1. Ummul Banin binti Hizam, Ali memperoleh 4 (empat) putra yakni: Al-Abbas, Ja'far, Abdullah dan Utsman.
  2. Laila binti Mas'ud bin Khalid bin Malik dari Bani Tamim, Ali mendapatkan 2 (dua) putra, yakni: Ubaidullah dan Abu Bakar.
  3. Asmai Umais al-Khatsiamiyyah, darinya beliau dikarunia 2 (dua) putra, yakni: Yahya dan Muhammad al-Ashghar.
  4. Ummu Habib binti Rabi'ah bin Bujair bin al-Abdi bin Alqamah. Dari wanita yang bernama Ash-Shahba' inilah Ali di anugerahi 1 (satu) putra yakni: Umar dan seorang putri bernama Ruqayyah.
  5. Ummu Sa'id binti Urwah bin Mas'ud bin Mu'attib bin Malik ats-Tsaqafi, Ali di amanati 2 (dua) putri yakni: Ummul Hasan dan Ramlah al-Kubra.
  6. Binti Umru'ul Qais bin Ady bin Aus bin Jabir bin Ka'ab bin Ulaim bin Kalb al-Kalbiyah, darinya beliau memperoleh 1 (satu) orang putri cantik.
  7. Umamah binti Abil Ash bin ar-Rabi' bin Abdil Uzza bin Abdi Syams bin Abdi Manaf bin Qushay, darinya beliau mendapat 1 (satu) orang putra yang gagah bernama Muhammad al-Ausath.
  8. Khaulah binti Ja'far bin Qais bin Maslamah bin Ubaid bin Tsa'lab bin Yarbu' bin Tsa'labah, dari Khaulah, Ali dikarunia 1 (satu) orang putra yang cakap yang bernama Muhammad al-Akbar yang lebih dikenal dengan Muhammad bin al-Hanafiyah.

Disamping itu, Ali bin Abi Thalib memiliki banyak anak keturunan lainnya dari sejumlah ummu walad (budak wanita). Saat wafat, beliau meninggalkan 19 (sembilan belas) budak wanita. Diantara putra-putri beliau yang tidak diketahui namanya ibunya adalah Ummu Hani', Maimunah, Zainab ash-Shughra, Ramlah ash-Shughra, Ummu Kaltsum ash-Shughra, Fatimah, Umamah, Khadijah, Ummul Kiram, Ummu Ja'far, Ummu Salamah, Jumanah dan Nafisah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar